The Correlation between Gabriel Method Usage and Students' Reading Al-Qur'an Ability in TPQ Raudlatul Qur'an Arosbaya Bangakalan

Authors

  • Mudarris Mudarris STAI Darul Hikmah Bangkalan
  • Zainal Hakim STAI Darul Hikmah Bangkalan
  • M Kholid STAI Darul Hikmah Bangkalan
  • Holil Baita Putra STAI Darul Hikmah Bangkalan

DOI:

https://doi.org/10.35719/annisa.v14i2.62

Keywords:

Correlation, Gabriel Method, Reading Ability

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap masalah pengaruh metode Gabriel terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa TPQ Raudlatul Qur’an Karang Duwak, Arosbaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional dan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa TPQ Raudlatul Qur’an yang berjumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara dan dokumentasi skala pengukuran menggunakan Likert, analisis data dengan teknik editing dan tabulasi. Dari penelitian yang dilakukan disimpulkan bahwa pengaruh metode Gabriel terhadap kemampuan membaca Alquran siswa di TPQ Raudlatul Qur'an adalah 89,3%, artinya penerapan Metode Gabriel di TPQ Raudlatul Qur'an Karang Duwek Arosbaya berhasilkarenamemiliki pengaruh yang besar terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an siswa.

This study aims to reveal the problem of the correlationof Gabriel method of reading Qur’an ability on TPQ Raudlatul Qur’an students Karang Duwak, Arosbaya. The type of the research is quantitative research using a correlation approach and the population in this study was all students of TPQ Raudlatul Qur’an totally 33 students. The data collection method used were observation, questionnaires, interviews and documentation of the measurement scale using Likert, the data analysis was editing and tabulation techniques. From the research conducted, it was concluded that the correlationof the Gabriel method on the students reading Qur’an ability in TPQ Raudlatul Qur’an was 89.3%, it means that Gabriel Method application in TPQ Raudlatul Qur’an Karang Duwek Arosbaya was successful, considering the method had big influence on the students’ ability in reading Qur’an.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. (Jakarta: Rineka Cipta)

AgusIrianto. 2004. Statistik Konsep Dasar dan Aplikasinya. (Jakarta: Kencana)

Al-Qur’an Al-Karim dan Terjemah Bahasa Indonesia. 2006. (Kudus: Menara Kudus)

Fahmi, Yusril. Analisis Efektivitas Murajaah Bersama Terhadap Kelancaran Membaca Juz Amma Kelas TK di TPQ Raudlatul Qur’an Karang Duwak Arosbaya. Diss. Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Hikmah Bangkalan, 2020.

Fitriyah, Zumrotul. 2008. Skripsi “ Metode Gabriel Sebuah Alternatif Sistem Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di Pesantren Ilmu Al-Qur’an Singosari Malang. (Malang: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam UIN Maliki Malang)

Hasan, Mushohihul, Faizin Faizin, and Holil Baita Putra. "Analysis of Effectiveness of Mutual Muraja’ah on Juz Amma Reading Fluency for Kindegarten Class at TPQ Raudlatul Qur’an Karang Duwak Arosbaya." Al-Insyiroh: JurnalStudiKeislaman 7.2 (2021): 106-117.

Juhari, Juhari, and Zainal Hakim. "Inspiring Teacher; Sosok dan Perannya dalam Mengorganisir Pembelajaran Berbasis ManajemenMutu." Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman 2.2 (2018): 49-64.

Mufaizin, Mufaizin, and Yassir Arafat. "Implementasi Metode Gabriel dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Qur’an Kelas C2 Tahsin Tilawah Lembaga Takhassusul Qur’an Darul Hikmah." AL-THIQAH-Jurnal Ilmu Keislaman 3.01 (2020): 39-54.

Moelong, Lexy J. 2014. Metodologi Kuantitatif Edisi Revisi. (Jakarta: Remaja Rosda Karya)

Mudarris, Mudarris. "Metode Forward and Backward Steps sebagai Alternatif Pembelajaran Matematika dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar dan Meningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan Bulat Siswa Kelas VII SMP Nurul Amanah Bangkalan." Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman 2.2 (2018): 115-132.

Muhammad Sardini dan Rahendra Myaa. 2019. “ Edukasi Islam: Gagasan Pendidikan Anti Jahiliyah ”, Jurnal Pendidikan Islam, No. 8, Volume IV

Ulum, Bahrul. "Implementation of Gabriel Method in Increasing The Ability to Read The Koran Class C 2 Takhassusul Koran Institutions Of Darul Hikmah." Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam 5.1 (2020): 1-4.

Ramdhan, Tri Wahyudin. "Model PengembanganKurikulumMultikultural." Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman 5.2 (2019): 39-53.

Ramdhan, Tri Wahyudi. "Desain Kurikulum Pendidikan Islam berbasis tauhid." Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman 5.1 (2019): 118-134.

Rahendra Maya. 2013 “ Edukasi Islami: Menuju Pendidikan Islam Berbasis Al-Ittiba’ ”Jurnal Pendidikan Islam, No. 2, Volume IV

Riduwan dan Sunarto. (016. Pengantar Statistika untuk Penelitian: Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi, dan Bisnis. ( Bandung: Alfabeta)

Sugiyono, 2011. Metode dan Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, (Bandung :Alfabeta

Sumadi, Suryabrata. 2013. Metodologi Penelitian. (Jakarta: Raja Grafindo Persada)

Taufiqurrochman, 2005. Metode Gabriel Metode PIQ-Singosari Bimbingan KH. M. Bashori Alwi. (Malang: IKAPIQ).

Yahya bin ‘ Abdurrazzaq. 2005. Cara Mudah dan Menghafal Al-Qur’an, (Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi’I)

Downloads

Published

2021-10-19

How to Cite

Mudarris, M., Hakim, Z., Kholid, M., & Putra, H. B. (2021). The Correlation between Gabriel Method Usage and Students’ Reading Al-Qur’an Ability in TPQ Raudlatul Qur’an Arosbaya Bangakalan. An-Nisa’: Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 14(2), 135 - 144. https://doi.org/10.35719/annisa.v14i2.62

Issue

Section

Articles